Vaginal Health

Cara mengatasi keputihan ?

Hai dok, saya wanita 24th, belum menikah. saya mau tanya, Saya mengalami keputihan hampir setiap hari. Dari berwarna bening, putih susu, bening kecoklatan sampai pernah seperti lendir darah menstruasi padahal saya sedang tidak siklus menstruasi. Tidak berbau. Yang berwarna seputih susu itu sering sekali.
Apakah itu baik2 saja? Menurut dokter saya harus bagaimana? Apa harus konsultasi ke dokter kulit dan kelamin?
User avatar
Fluffy Honey
16 November 2016

Share to
Doctor Image
Answered by Dr. Falla Adinda

Halo dear,

keputihan adalah istilah awam dari leucchorea atau vaginal discharge yang berarti cairan yang keluar dari vagina. Bila cairan berwarna bening, tidak gatal, tidak berbau dan tidak berjumlah sangat banyak maka cairan ini masih dianggap normal. Seringkali warna keputihan berwarna kekuningan tipis tapi tidak berjumlah banyak, tidak gatal dan tidak berbau, maka hal inipun masih dianggap normal.

Tapi bila menimbulkan gejala kurang nyaman seperti jumlah yang banyak, berwarna kuning kental, bertekstur seperti yoghurt, gatal; maka sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter spesialis kandungan ya Dear untuk mendapat penanganan yang tepat.

Untuk sehari-hari, kamu harus pastikan area kewanitaan kamu selalu bersih dan kering. Hal tersebut sangat membantu vagina agar tidak terus menerus membersihkan dirinya sendiri melalui cairan yang keluar. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mencuci area Miss V dengan sabun pembersih area kewanitaan yang mengandung antiseptik.


Comments

Please login to comment

0 responses

Related Questions

Vaginal Health

Air yang keruh bahaya kah untuk bagian kewanitaan saya?

by Tiny Macaroons
Answered by
Dr. Falla Adinda
Vaginal Health

Cara Mencerahkan Miss V?

by Cherry Blossom
Answered by
Dr. Falla Adinda