Vaginal Health

Apa penyebab gatal pada bagian Miss-V?

Halo admin, mau nanya, normal nggak sih kalau bagian Miss V-ku suka gatal? Kira-kira penyebabnya apa ya min?
User avatar
Daisy Camomile
19 September 2016

Share to
Doctor Image
Answered by Dr. Falla Adinda
Halo juga! Gatal yang dirasakan pada Miss V adalah kondisi yang umum terjadi pada anak-anak hingga dewasa dan cenderung tidak berbahaya, selama kamu membersihkan daerah Miss V secara rutin, kamu tak perlu khawatir. Beberapa penyebab timbulnya rasa gatal adalah:

1. Penggunaan bahan kimia yang terdapat dalam kondom, sabun, tisu atau pembalut yang digunakan. Karenanya, pastikan kamu menggunakan sabun khusus yag mengandung Povidone-Iodine untuk memberishkan area 'Miss V' mu.

2. Adanya infeksi jamur yang tumbuh berlebihan pada 'Miss V'. Infeksi ini lebih beresiko terjadi saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah.

4. Faktor menoupause yang menyebabkan dinding vagina menipis dan mengering sehingga dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Selain pada lansia, kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui.

Yang perlu diperhatikan, jika rasa gatal sudah diiringi rasa perih serta cairan dan bau tidak sedap, ini bisa berarti ada bakteri jahat dalam Miss V-mu. Jika berkelanjutan jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter ya :D

Comments

Please login to comment

0 responses

Related Questions

Vaginal Health

Air yang keruh bahaya kah untuk bagian kewanitaan saya?

by Tiny Macaroons
Answered by
Dr. Falla Adinda
Vaginal Health

Cara mengatasi keputihan ?

by Fluffy Honey
Answered by
Dr. Falla Adinda