Vaginal Health

Jika Miss V Kamu Mengalami 4 Hal Ini, Segera Periksa ke Dokter

Article Image

Tidak bisa dipungkiri, banyak wanita yang terlambat memeriksakan diri  ke dokter saat mengalami masalah pada daerah kewanitaan. Biasanya, keluhan tersebut antara lain keputihan, vagina terasa gatal, atau mungkin bau tak sedap pada Miss V. 

Tahukah, Ladies? Walau keputihan tentu dialami oleh setiap wanita. Namun kita perlu curiga lho, ketika mendapati perubahan signifikan pada warna, bau, serta konsistensi keputihan itu sendiri. Hmmm... bisa jadi ada sesuatu yang salah dalam vagina kita.

Dr. Michael Krychman, MD dari The Southern California Center for Sexual Health and Survivorship di Pantai Newport, Kalifornia mengungkapkan bahwa sulit untuk mendiagnosa sendiri apa penyebab keputihan abnormal yang terjadi pada wanita. 

Nah, hal utama yang perlu diperhatikan jika terjadi gangguan pada Miss V antara lain tingkat rasa sakit dan seberapa cepat perkembangannya. Berikut ini adalah masalah pada organ kewanitaan yang harus segera diperiksakan ke dokter:


Bengkak, Memerah, dan Gatal  

Jika tiba-tiba Miss V kamu iritasi, bengkak, terasa seperti terbakar, kemerahan, dan gatal di daerah kewanitaan, segera periksakan diri ke dokter karena mungkin saja itu adalah trikomoniasis. Apa itu? Ya, salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh serangan protozoa parasit Trichomonas vaginalis. Kondisi ini juga bisa dipicu oleh menopause, dan infeksi jamur. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini dapat membuatmu lebih rentan terhadap penyakit menular seksual lainnya, lho.


Muncul Benjolan yang Terasa Sakit 

Apabila kamu menemukan benjolan pada bagian dalam Miss V dan terasa sakit, segera hubungi dokter ya, Ladies. Bisa saja benjolan ini adalah kista. Nah, kista ini ada yang tidak terlalu berbahaya dan bahkan tidak memerlukan pengobatan. Namun jika benjolan  tersebut termasuk kista Bartholin maka kamu perlu waspada. Pasalnya, abses-penumpukan nanah pada kelenjar yang mengapit vagina dapat berakibat fatal, seperti infeksi yang membuat kamu sulit berjalan atau duduk. Umumnya benjolan pada Miss V dapat dihilangkan melalui tindakan bedah atau operasi.


Nyeri Seperti 'Terbakar' Saat Buang Air Kecil 

Apa kamu pernah merasa nyeri dengan sensasi seperti terbakar saat buang air kecil? Nah, rasa sakit tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terinfeksi klamidia, infeksi saluran kemih, trikomoniasis dan gonore, atau herpes luka terbuka. Jika gejala tersebut kerap kamu alami, disarankan kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar cepat ditangani ya, Ladies. Jangan sampai kondisi pada Miss V kamu ini semakin parah. 


Pendarahan Usai Berhubungan Intim 

Pendarahan yang terjadi pada Miss V ketika atau setelah berhubungan seksual umumnya dapat terjadi apabila kamu memasuki Red Days atau menstruasi. Namun selain itu, hal ini juga dapat disebabkan oleh gesekan selama berhubungan intim, pertama kali berhubungan seksual, radang serviks, luka genital akibat infeksi menular seksual, cedera pada lapisan rahim, Miss V kering, Vaginitis (peradangan pada vagina yang bisa disebabkan oleh infeksi), polip yang tumbuh di leher rahim, dan bahkan kanker serviks.


Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan kamu, pemeriksaan medis tentu  diperlukan. Biasanya, dokter akan melakukan tes medis lain seperti USG, tes darah, tes urin, dan lain-lain jika diperlukan. Pemeriksaan medis oleh dokter bertujuan untuk mendeteksi penyebab pendarahan dan mengatasinya secara tepat. 

Itulah kenapa kamu tidak perlu malu untuk memeriksakan diri ketika mengalami hal-hal di atas. Semoga kesehatan Miss V kamu selalu terjaga ya, Ladies!



Share to

Comments

Please login to comment

0 responses

Related Articles